Breaking News

Hadiri Undangan British Council di Bali, Ghifari Yuristiadhi Kenalkan Muhammadiyah Heritage Trip

Pdpmjogja.org – Untuk meningkatkan manajemen pengelolaan sekaligus memperkenalkan Muhammadiyah Heritage Trip, Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kota Yogyakarta Ghifari Yuristiadhi berangkat ke Bali. Pria yang lebih akrab disapa Yuris ini ke Bali dalam rangka menghadiri Active Citizen Social Training Enterprise dan Pelatihan Interpretasi Pariwisata. Acara yang diselenggarakan British Council, Dewan Kebudayaan Inggris-Indonesia ini diadakan pada 19-23 Februari 2018 di Bhanuswari Resort and Spa, Gianyar, Bali.


Dari 264 pendaftar, hanya 30 peserta yang terpilih untuk hadir dalam acara tersebut.  30 peserta yang terpilih berasal dari 14 Provinsi. Unsur peserta terdiri dari pegiat kewirausahaan sosial, perwakilan perguruan tinggi dan perwakilan pemerintah. Sedangkan Yuris diundang sebagai Ketua PDPM Kota Yogyakarta yang selama ini menggerakkan Muhammadiyah Heritage Trip. Muhammadiyah Heritage Trip selama ini menjadi program andalan Bidang Ekonomi Kewirausahaan PDPM Kota Yogyakarta dengan menawarkan paket wisata sejarah Muhammadiyah di Yogyakarta.

Dalam kesempatan ini, Yuris mengenalkan dan sharing tentang bagaimana PDPM Kota Yogyakarta mendesain Muhammadiyah Heritage Trip. Meski masih terus berupaya memperbaiki manajemen, diharapkan Muhammadiyah Heritage Trip dapat menjadi kewirausahaan sosial yang manfaatnya juga dapat dirasakan oleh masyarakat, khususnya di sekitar Kauman dan Karangkajen, Yogyakarta. “Meski masih harus terus berbenah khususnya dalam hal manajemen, MHT bisa lebih didorong sehingga menjadi Social Enterprise berbasis pariwisata heritage yang prospektif.” Kata Yuris. 

Beberapa peserta lain yang hadir dalam acara tersebut juga telah melakukan kewirausahaan sosial dengan sangat baik seperti Pokdarwis Nglanggeran yang mengelola gunung api purba, Komunitas Mata Air yang mengelola Pasar Papringan, Yayasan Sekolah Sungai Deli, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Sudut Lombok, Omah Sinau Lumajang, Tenun Ikat Warna Alami Wainappo Sumba, Rumah Denassa, dll.

Usai mengikuti acara ini, Yuris sangat terinspirasi dan lebih termotivasi lagi untuk terus meningkatkan pengelolaan Muhammadiyah Heritage Trip, sehingga secara manajemen, dapat lebih baik lagi. “Kesan saya mengikuti acara ini, saya sangat terinspirasi dan mendapatkan ilmu yang baru tentang kewirausahaan sosial. Apa yang saya dapat ini akan saya share untuk Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kota Yogyakarta lebih khusus dalam rangka memperbaiki sistem manajemen Muhammadiyah Heritage Trip.” Pungkas Yuris.

Tidak ada komentar